Pentingnya Bersosialisasi dalam Bermasyarakat

Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri, kalimat itulah yang sering kita dengar selama ini. Manusia memang di ciptakan bermacam-macam dengan segala kekurangan dan kelebihannya masing-masing untuk saling melengkapi dengan manusia lainnya, agar terjalin sosialisasi antar manusia di muka bumi ini . sosialisasi tidak pernah lepas dalam kehidupan manusia. Dalam bekerja, belajar dan bermasyarakat .

Tapi apakah sosialisasi itu menjadi hal penting untuk sekarang ini?,  Bukannya tidak?, Banyak orang lebih individualis dan tak memperdulikan orang sekitar . banyak orang yang menganggap dirinya mampu untuk mengerjakan semua hal. Banyak orang yang percaya diri untuk mencapai cita-cita nya sendiri tanpa butuh perhatian orang lain. Mereka menganggap tidak ada gunanya bersosialisasi dalam bekerja belajar dan bermasyarakat. Urusan mereka lebih penting daripada menjalin keakraban antar teman .

Apakah hasil dari pekerjaan sendiri lebih baik daripada ada ikut campur seorang teman?, Mungkin lebih baik kita berdiskusi dan bertukar pikiran dengan teman lainnya bukan?, Apakah kita ini makhluk sempurna?, Tidak ada makhluk yang sempurna di dunia ini. Sebaik-baiknya orang pasti punya kelemahan besar dalam dirinya, tapi mengapa banyak orang angkuh di dunia ini?, Dengan sombongnya tidak bersosialisasi dan bermasyarakat, lebih tepat di sebut individualis .
Sebenarnya itu semua bisa terjadi karena lingkungan keluarga yang mendidik orang yang individualis menjadi seperti itu, tetapi bisa juga karena dia memang sulit untuk berbaur dengan sesama. Bukan semuanya salah orang tersebut, tetapi bisa banyak faktor yang dapat membuatnya menjadi tipe orang yang individualis. Kurangnya perhatian dan keterbukaan di keluarga bisa menjadikan seseorang menjadi individualis yang tertutup sepenuhnya dengan lingkungan sekitar.

Jangan sampai kita termasuk orang yang seperti saya jelaskan barusan. Jadilah orang yang bisa menyeimbangkan keadaan . Menyeimbangkan antara hal yang bersifat individualis, sosialisasi dan bermasyarakat. Kita takkan pernah ada artinya di dunia ini jika di dunia ini kita hanya hidup bagaikan seorang diri dan tak ada yang mengenal siapa kita.

Kita juga akan menyesal apabila kita tak di dunia lagi tak ada orang yang akan mengenang kita karena mereka saja tidak tahu apa kita pernah ada atau tidak jika kita bersifat individualis dan tak bersosilaisasi dan bermasyarakat di lingkungan kita .

Penulis : Fajrie Dwi Cahya ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pentingnya Bersosialisasi dalam Bermasyarakat ini dipublish oleh Fajrie Dwi Cahya pada hari Jumat, 28 Oktober 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Pentingnya Bersosialisasi dalam Bermasyarakat
 

1 komentar: