I’M INDONESIAN, I LOVE MY CULTURE AND I PROUD OF IT !


Saya adalah seorang anak yang di lahirkan dari keturunan sunda. sunda?, ya, ada orang sunda, padang, manado, jawa, madura dan masih banyak suku-suku lain. Suku-suku unik ini adalah kebanggaan ku menjadi warga negara indonesia. Indonesia memiliki ribuan pulau, tapi mungkin yang banyak di ketahui hanya 33 pulau tempat warga negara indonesia berteduh di tanah air tercinta ini. Karena indonesia memiliki banyak pulau karena itu pula indonesia memiliki banyak budaya, bahasa, dan suku. Mereka memiliki adat istiadat mereka sendiri yang biasanya turun-temurun dari nenek moyang mereka. 

Misalnya pada suku dayak yang terletak di kalimantan, mereka mempertahankan sikap primitif dalam adat mereka di tengah zaman era globalisasi seperti sekarang ini. Mereka tidak menggunakan lampu, ataupun alat listrik lainnya, mereka pun tidak menggunakan sendal. Padahal kita berlomba-lomba mengenakan sepatu merek terbaru dan harga yang termahal. Kenapa ?, apa karena mereka kuno ?, tapi ternyata bukan karena mereka kuno atau ketinggalan zaman. Tapi mereka menganggap bahwa, adat istiadat yang mereka pegang dari lahir adalah hidup mereka, mereka harus mampu mempertahankan nya.
Hebat kan? Mereka mampu bersaing melawan kemodernisasi untuk apa yang mereka pegang teguh sejak mereka lahir. Mereka luar biasa daripada para pejabat yang hanya membuang ludah untuk berjanji.

Apakah mereka berilmu?, Bagaimana bisa merka berilmu kalau malam hari saja tak ada satupun lampu untuk menerangi.

Lalu apakah harusnya kita malu?.
Malu karena kita begitu labil dan tidak tahu jati diri kita sebenarnya, jangankan untuk mempertahankan sesuatu, hal yang pasti yang kita miliki saja kita sering tak menyadarinya, karena kita kurang bersyukur.
Kita dengan bodohnya antusias mengikuti perkembangan budaya barat, mengikuti trend apa yang sedang booming.
Padahal, sadarkah kalian? Orang barat terus menjadi turist di negeri kita ini,mereka mencintai eksotika alam yang kita miliki di tanah air, keragaman budaya yang unik, dan keindahan alam yang tak ada duanya. bahkan mereka banyak yang menetap di indonesia dan mempelajari adat istiadat.  kalau begitu kenapa kita harus mencintai budaya barat? Padahal orang barat mencintai budaya kita?
Oleh karena itu, mulai saat ini, tetapkan dalam diri kita bahwa kita anak indonesia dan mencintai indonesia sepenuhnya. menjaga dan melestarikan budaya bangsa indonesia, dan saya percaya indonesia akan bangkit dan semakin kaya karena memiliki warga negara seperti kalian !.
 


Penulis : Fajrie Dwi Cahya ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel I’M INDONESIAN, I LOVE MY CULTURE AND I PROUD OF IT ! ini dipublish oleh Fajrie Dwi Cahya pada hari Kamis, 20 Oktober 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan I’M INDONESIAN, I LOVE MY CULTURE AND I PROUD OF IT !
 

0 komentar:

Posting Komentar