Senandung Cinta dalam Al-Qur'an



Al-Qur'an adalah wahyu Allah yang berfungsi sebagai mu'jizat bagi Rasulullah Muhammad saw sebagai pedoman hidup bagi setiap Muslim dan sebagai korektor dan penyempurna terhadap kitab-kitab Allah yang sebelumnya, dan bernilai abadi.
Seiring berkembang nya zaman dan teknologi semakin canggih, di ciptakan suatu al-Quran digital. Al-Qur'an digital merupakan salah satu produk terkini dalam hal pemaduan konsep tekhnologi dan religi. Keberadaannya dianggap menjadi sebuah jalan baru, bagi perkembangan konsep dakwah agama Islam. Dengan bantuan tekhnologi, akan memudahkan manusia untuk semakin mengenal dan mendekatkan pada kitab suci umat Islam tersebut.

Keberadaan Al-Qur'an digital merupakan perwujudan lain dari konsep Al-Qur'an yang selama ini hanya tersedia dalam bentuk cetakan buku. Namun secara isi, antara kedua wujud Al-Qur'an tersebut tidak memiliki perbedaan. Al-Qur'an adalah sebuah kitab suci umat Islam yang sudah bersifat pasti. Sehingga tidak ada satu orang pun yang memiliki hak untuk mengubah kandungan isinya, walaupun hanya satu huruf atau ayat saja.
Inilah salah satu hal penting dan menjadi keunggulan Al-Qur'an digital. Meski memiliki bentuk yang berbeda, namun kandungan isinya tidak berubah sedikit pun. Sehingga tidak perlu ada kekhawatiran dari manusia yang ingin mendengarkan dan mengkaji makna Al-Qur'an melalui fasiiltas digital tersebut.
Media yang digunakan untuk fasilitas Al-Qur'an digital itu pun bermacam-macam. Selain dalam wujud software, Al-Qur'an digital pun dikemas melalui keping cakram. Bahkan ada pula perusahaan yang membuat sebuah piranti seperti flashdisk yang khusus memutar lantunan ayat suci Al-Qur'an beserta tafsirnya.


Manfaat Al-Qur'an Digital
Dari kondisi sibuk dan mobilitas tinggi seperti saat ini, Anda bisa memanfaatkan Al-Qur'an digital. Selain itu ada beberapa manfaat lain dari adanya AL Quran digital. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh adalah:
  • Memudahkan kita untuk bisa menyimak lantunan ayat suci Al-Qur'an di mana saja. Baik itu saat dalam perjalanan ke kantor, saat bekerja melalui perangkat komputer atau sedang berada dalam angkutan umum.
  • Lebih praktis dalam hal penyimpanan, karena tidak membutuhkan tempat khusus.
  • Mudah dibawa ke mana saja atau dibagikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Hal ini termasuk menebar pahala karena berbagi kebaikan pada sesama manusia.
  • Lebih aman. Akan terhindar dari resiko rusak seperti sobek atau terkena kotoran sebagaimana jika Anda menyimpan Al-Qur'an dalam bentuk buku.

Penulis : Fajrie Dwi Cahya ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Senandung Cinta dalam Al-Qur'an ini dipublish oleh Fajrie Dwi Cahya pada hari Sabtu, 07 April 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Senandung Cinta dalam Al-Qur'an
 

0 komentar:

Posting Komentar